Cara Menghadapi Bos yang Sering Marah
Guys, buat kalian
yang bekerja sebagai karyawan atau pegawai mungkin pernah merasakan disemprot
oleh bos / atasan. Gimana ? Pasti ga’ enak dong rasanya, apalagi pas diomelin
itu di depan teman-teman kerja, wuihhhh..malunya Naudzubillah :D
Tapi itulah resiko sebagai
bawahan, terima saja dulu, bentar kalo udah jadi bos baru deh balas dendam
(Astagfirullah, ane becanda…) intinya
sabar aja..orang sabar kan cepat ko’it. eheeeee…
Nah,berikut saya kasih tips menghadapi bos yang galak. Biar ga’ sering
disemprot atau paling tidak si bos bisa lebih ramah kalo marah. (emang ada
marah yang ramah??).
Berikut tips dari saya ( M Destri wahyudi )
1.
Perlihatkan wibawah anda
Dalam pergaulan sosial sehari-hari sering kita temukan
bahwa orang-orang yang kurang berwibawah cenderung lebih sering kena marah
dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki wibawah atau paling tidak pada
saat dimarahi tidak akan terlalu keras. Itu disebabkan karena faktor wibawah
tadi yang membuat bos anda sedikit banyak akan segan terhadap anda.
2.
Perlihatkan prestasi anda.
Setelah anda merasa melakukan poin (1) di atas, hal
selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah bahwa anda harus mempunyai
sesuatu yang membuat anda lebih dihargai yaitu prestasi. Walaupun anda sudah
terlihat berwibawah, tetap saja anda harus menunjukkan bahwa anda bukan orang
yang layak untuk dimarahi. Seiring dengan membaiknya prestasi anda nantinya,
perasaan cinta..ehhhh segan maksud saya dari bos anda akan tumbuh perlahan dan
mungkin akan menganggap anda adalah karyawan yang membanggakan.
3.
Jaga Jarak Anda dengan Si Bos
Persoalan apakah anda pada saat ini sering dimarahi atau
tidak adalah persoalan bagaimana anda bergaul dengan bos anda selama ini.
Maksudnya bahwa beberapa orang memang menjadi tempat pelampiasan yang empuk bagi
bosnya di kantor. Usahakan agar anda tidak terlalu dekat dengan bos anda,
setelah kedua poin di atas telah berhasil anda terapkan, hal yang terakhir
adalah jaga keakraban anda dengan bos anda. Terutama kalau bos anda juga adalah
tipe orang yang tidak mudi atau jarang bercanda terhadap karyawannya, hal ini
berguna agar pada saat-saat tertentu bos anda akan mencari anda, mungkin pada
saat dia membutuhkan masukan atau membutuhkan karyawan yang bisa diandalkan
untuk mengerjakan suatu pekerjaan penting di kantor, maka kemungkinan pada saat
itulah anda adalah orang yang tepat untuk diberi tanggung jawab tersebut &
pada saat itulah anda menjadi penting bagi perusahaan dan bagi bos anda dan
frekuensi anda untuk dimarahi akan berkurang secara drastis.
Ketiga tips di atas tidak mutlak akan berhasil ketika anda praktekkan
kepada bos anda, semua tergantung pada situasi dan karakter bos anda. Pada
intinya bahwa anda adalah aset penting bagi karyawan dan semestinya
diperlakukan manusiawi, bukan semena-mena.
0 komentar:
Posting Komentar